Sebelumnya | Daftar Isi | Feedback | Berikutnya
Lampiran

Istilah-istilah pelatihan

assessment (penilaian)
Penilaian dari instruktur kadang kala dari para peserta mengenai pengetahuan dan kemajuan individual terhadap mereka ikut serta dalam suatu kursus.
brainstorming (sumbang saran)
Latihan kelompok dimana para peserta diminta memberikan ide-ide untuk memecahkan suatu masalah tertentu atau merencanakan suatu proyek tertentu dan menuliskannya pada flip chart atau papan tulis. Saran-saran dapat dinyatakan sesukanya; tidak perlu penjelasan, justifikasi atau komentar.
break-out groups (pemecahan kelompok)
Kelompok-kelompok kecil yang membahas masalah yang sama atau aspek-aspek berbeda dari suatu masalah yang sama pada saat yang bersamaan. Begitu selesai tugas, setiap kelompok melaporkan kembali ke kelas sehingga mereka dapat membandingkan ide-ide kelompok lainnya dengan ide-ide kelompok mereka sendiri, selanjutnya instruktur dapat memberikan feedback.
break-out rooms (pemisahan ruang kelas)
Ruang-ruang dimana kelompok-kelompok kecil dari suatu kelas dapat bekerja tanpa diganggu oleh kelompok lainnya.
buzz groups
Sesi singkat yang bersifat informal dimana para peserta berbicara dengan orang disebelahnya mengenai suatu topik tertentu. Biasanya digunakan untuk membagi suatu perkuliahan atau presentasi.
case study (studi kasus)
Deskripsi pengalaman hidup nyata yang berkaitan dengan bidang pelajaran atau pelatihan, yang digunakan untuk membuat poin, mengangkat masalah atau meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar dari para peserta. Ini akan sangat berguna bilamana tidak dimungkinkan pengalaman praktek dalam kursus tersebut.
certificate (sertifikat)
Lembaran kertas yang menunjukkan bahwa seorang siswa telah mengikuti suatu kursus pelatihan dan/atau menunjukkan hasil yang telah dicapai dalam suatu kursus.
class activities (aktivitas kelas)
Aktivitas-aktivitas dimana para siswa/peserta berpartisipasi secara aktif untuk menyelesaikan suatu masalah, merencanakan suatu proyek, dll. Berperan untuk membangun level pengetahuan atau menguatkan proses belajar.
course (kursus)
Suatu seri perkuliahan, sesi-sesi atau hari-hari pelatihan yang terdiri dari suatu paket pembelajaran.
coursework (tugas kursus)
Tugas yang diberikan kepada para peserta untuk diselesaikan selama berlangsungnya pelatihan.
delivery (penyampaian)
Tindakan mentransfer seluruh pelatihan kepada para peserta ini hanya meliputi lamanya waktu di dalam kelas, tidak termasuk perancangan dan persiapan kursus tersebut.
distance learning (pembelajaran jarak jauh)
Pembelajaran dimana instruktur dan siswa (peserta) terpisah oleh jarak dan berinteraksi terutama menggunakan pos, komputer (e-mail, bulletin boards, Websites, Usenet groups, dll.), telepon atau kombinasi diantaranya serta dengan metode-metode komunikasi lainnya.
education (pendidikan)
Suatu jenis instruksi yang sistematis atau pelatihan intelektual atau moral yang dirancang untuk memberikan para peserta suatu pemahaman yang luas dan/atau mendalam mengenai topik yang dibahas. Biasanya berkaitan dengan anak-anak atau mereka yang masih muda.
evaluation (evaluasi)
Penilaian dari para peserta dan kadang kala dari instruktur terhadap kursus pelatihan mencakup semua aspek mulai dari penyediaan konsumsi dan akomodasi hingga substansi dan performans dari para instruktur.
experience (pengalaman)
Pengetahuan dan keahlian yang dihasilkan dari pengamatan atau latihan sesungguhnya mengenai peristiwa atau teknik.
expertise (keahlian)
Pendapat ahli, keahlian atau pengetahuan dalam suatu bidang tertentu.
facilitated learning (pembelajaran yang difasilitasi)
Pelatihan yang dicirikan dengan tingkat keterlibatan yang tinggi dari para peserta dalam semua aspek pembelajaran mereka. Peran pengajar adalah sebagai fasilitator dan pengorganisir yang menyediakan bahan-bahan dan dukungan. Para peserta belajar dengan dari satu sama lain dan menetapkan tujuan-tujuan mereka sendiri.
facilitator (fasilitator)
Orang yang memberi fasilitasi atau memudahkan dan memungkinkan diskusi-diskusi, tugas kelompok, proyek, dll. Dapat memimpin atau mengkoreografi keseluruhan kursus pelatihan atau program.
handout
Naskah tercetak yang mendukung, memperluas, mengorganisir atau menyediakan tindak lanjut terhadap suatu presentasi atau kursus.
individual learning (pembelajaran secara individual)
Dimana para peserta merencanakan dan mengatur langkah belajar mereka sendiri, mungkin dengan cara mengkombinasikan antara kehadiran di kelas dan belajar sendiri.
knowledge (pengetahuan)
Pemahaman teoritis atau praktis mengenai suatu subjek atau profesi: lingkup informasi yang dimiliki seseorang mengenai suatu topik.
learners (peserta didik)
Orang yang menempatkan dirinya dalam posisi untuk belajar dari berbagai bentuk pelatihan atau pendidikan.
learning outcomes (hasil pembelajaran)
Seperangkat tujuan yang dinyatakan dan harus dicapai sebagai hasil dari suatu pelatihan.
lectures (perkuliahan)
Presentasi yang disampaikan kepada sejumlah peserta didik oleh pengajar, biasanya berupa ceramah selama 50 - 55 menit terus-menerus oleh pengajar tanpa diskusi, satu-satunya aktivitas peserta adalah mendengarkan dan mencatat.
on-the-job training (pelatihan langsung di tempat kerja)
Pelatihan yang sangat praktis yang dirancang untuk memberikan para peserta yang bekerja suatu keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan mereka atau untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan mereka agar maju dalam karirnya.
participant (peserta)
Siswa, peserta didik atau mereka yang menghadiri suatu kursus pelatihan.
practitioner (praktisi)
Orang yang melaksanakan profesi mereka secara aktif.
presentation (presentasi)
Suatu pembicaraan yang terfokus, dengan menggunakan sarana bantu visual, mengenai suatu subjek tertentu untuk memberi informasi, instruksi atau mempengaruhi audiens.
profiling participants/learners (membuat profil peserta/peserta didik)
Tindakan meneliti dan menilai para peserta untuk pelatihan atau pendidikan.
sessions (sesi)
Bagian dari suatu program pelatihan yang disediakan untujk membahas suatu topik yang telah dideskripsikan : dapat berupa perkuliahan, latihan atau jenis penyampaian lainnya.
skills (keahlian)
Kemampuan praktis atau kemudahan dalam melakukan sesuatu.
small group work (tugas kelompok kecil)
Tugas-tugas yang diatur oleh instruktur untuk dilaksanakan oleh kelas yang dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Tugas yang akan dilaksanakan dapat diberikan sama atau berbeda.
speakers (pembicara)
Orang yang melatih atau mengajar dengan cara memberikan kuliah atau presentasi.
students (siswa)
Peserta didik, namun lebih sering berkaitan dengan mereka yang mengikuti perkuliahan di universitas atau kursus belajar yang lama.
study (mengkaji)
Menginvestigasi atau mencari pengetahuan mengenai suatu subjek secara mendalam.
SWOT analysis (analisa SWOT)
Latihan untuk menilai kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threats) menyangkut suatu situasi atau objek tertentu.
syndicates (gabungan beberapa kelompok)
Lihat break-out groups
teach (mengajar)
Mentransfer pengetahuan secara teoritis, biasanya dalam suatu lingkungan yang formal, misalnya sekolah atau universitas.
teaching aids (sarana bantu pengajaran)
Item-item yang digunakan dalam ruangan kelas untuk membantu proses pembelajaran dan pelatihan. Dapat berupa sarana bantu visual atau sarana interaktif.
teaching resources (bahan-bahan pengajaran)
Apapun yang digunakan oleh para guru atau instruktur untuk mengembangkan bahan-bahan yang mereka miliki sendiri dan digunakan saat penyampaian pelatihan, seperti buku, jurnal, Website, bibliografi, database, peralatan, dll.
techniques (teknik-teknik)
Keterampilan dan metode-metode teknis untuk melaksanakan suatu tugas praktis.
theory (teori)
Sistem ide-ide dan prinsip-prinsip yang digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian praktis atau metodologi.
train (melatih)
Mentransfer pengetahuan dan keahlian sehingga memungkinkan para peserta untuk melaksanakan pekerjaan mereka; cenderung untuk memfokuskan pada keterampilan-keterampilan kerja dan meningkatkan kesadaran.
training aids (sarana bantu pelatihan)
Lihat teaching aids
training materials (bahan-bahan pelatihan)
Catatan kuliah, latihan, rencana pelajaran, dll. yang digunakan oleh instruktur untuk berinteraksi dengan peserta didik.
visual aids (sarana bantu visual)
Presentasi visual yang mendukung presentasi dalam bentuk kata-kata, kartun, grafik, ilustrasi, foto. Ini dapat berupa transparansi OHP, gambar-gambar yang dibuat dengan komputer, handout, flipchart, poster, objek, dll.
Bagian atas halaman
Sebelumnya | Daftar Isi | Feedback | Berikutnya

Last updated: 20 December 2005